DETEKSI DINI ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DAN PENYULUHAN REMAJA DI SEKOLAH

DETEKSI DINI ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DAN PENYULUHAN REMAJA DI SEKOLAH

Kurang darah atau anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah. Anemia bisa terjadi sementara atau dalam jangka panjang dengan tingkat keparahan ringan sampai berat. Anemia merupakan gangguan darah atau kelainan hematologi yang terjadi ketika kadar hemoglobin (bagian utama dari sel darah merah yang mengikat oksigen berada di bawah normal.(sumber: kemenkes RI)

Secara garis besar, anemia terjadi akibat tiga kondisi seperti produksi sel darah merah yang kurang, Kehilangan darah secara berlebihan,Hancurnya sel darah merah yang terlalu cepat. Anemia lebih sering menyerang seorang Wanita,dikarenakan setiap bulannya Wanita mengalami menstruasi yang artinya setiap bulan akan mengeluarkan darah sehingga kebutuhan untuk memenuhi gizi haruslah terpenuhi.

Puskesmas Karangmalang Bersama Polsek Karangmalang hadir di SMK PRESIDEN untuk memberikan penyuluhan kepada para santri khususnya santri putri. Polsek Karangmalang yang diwakili oleh Bapak Kusnadi yang merupakan Bhabintibnas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) memberikan penyuluhan mengenai bahaya pergaulan bebas yang akan berakibat fatal seperti kasus-kasus yang sedang viral saat ini (kasus pengajuan nikah dini dikarenakan hamil di luar nikah).

Sedangkan dari Puskesmas Karangmalang memberikan penyuluhan dan pelayanan cek hemoglobin (Hb) kepada para santri. Pengecekan hemoglobin bertujuan untuk mengetahui banyaknya hemoglobin pada darah sehingga apabila ada santri yang hemoglobinnya rendah akan dihimbau untuk bisa menambah kadar hemoglobin dengan makan-makanan yang mengandung zat besi dan minum tablet tambah darah yang diberikan oleh puskesmas.

Yuk, Bagikan Postingan Ini!