MEMBENTUK JIWA PEMIMPIN TANGGUH MELALUI LDK

MEMBENTUK JIWA PEMIMPIN TANGGUH MELALUI LDK

Sragen, 26 September 2023 – SMK PRESIDEN dengan penuh semangat mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Ndayu Park, Sragen, selama 2 hari 1 malam, pada tanggal 25-26 September 2023. LDK ini merupakan inovasi sebagai pengganti Asesmen Sumatif Tengah Semester, sejalan dengan Kurikulum Merdeka.

Kegiatan LDK ini memiliki tujuan membangun jiwa kepemimpinan pada santri SMK PRESIDEN dan memperkuat mental mereka. Kepemimpinan adalah kualitas yang sangat dihargai dalam dunia yang terus berkembang, dan SMK PRESIDEN berkomitmen untuk melahirkan pemimpin masa depan yang tangguh.

Serangkaian kegiatan LDK ini dikemas dengan baik, dengan melibatkan para pemateri yang ahli dalam bidang kepemimpinan. Para peserta LDK dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan berharga tentang prinsip-prinsip kepemimpinan yang efektif dan berdaya tahan.

Pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) menjadi salah satu kegiatan dalam program ini. Peserta diajarkan tentang pentingnya sikap dalam baris berbaris dengan benar. Materi ini dibawakan langsung oleh salah satu anggota Koramil dan Babinsa Saradan. Baris berbaris mengajarkan tentang sikap kedisiplinan. Hal ini sejalan dengan sikap yang diperlukan sebagai seorang pemimpin.

Selain PBB, para santri juga disuguhi pemateri yang mengajarkan dan menjelaskan mengenai sikap seorang pemimpin masa depan,mental pemimpin dan sifat dasar yang harus dimiliki seorang pemimpin. Kegiatan LDK tidak hanya membentuk sikap pemimpin, namun juga membentuk ruhuniah kepada Rabb-nya melalui amal yaumi yang wajib dilaksanakan oleh seluruh santri. Amal yaumi terdiri dari tilawah 1,5 juz/Hari,shalat dhuha,shalar tahajud, shalat rawatib,dan shalat 5 waktu di masjid.

Sebagai hiburan,dalam LDK juga diadakan outbond yang dilaksanakan pada hari kedua. Outbond dibagi menjadi beberapa tim. Setiap tim wajib menyelesaikan pos-pos yang telah disediakan oleh panitia. Selain bersenang-senang, outbond juga sebagai sarana membentuk Kerjasama antar teman dan kekompakan kelompok.

Pengurus SMK PRESIDEN dan para guru melihat LDK sebagai investasi berharga untuk masa depan santri. Mereka yakin bahwa melalui program ini, santri akan mampu mengembangkan kualitas kepemimpinan, tanggung jawab, dan integritas yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang berhasil.

Latihan Dasar Kepemimpinan di SMK PRESIDEN adalah bukti komitmen sekolah untuk membentuk pemimpin masa depan yang mampu menghadapi tantangan global dengan keyakinan dan keberanian. Kita dapat menantikan masa depan yang cerah dengan pemimpin-pemimpin muda yang keluar dari SMK PRESIDEN.

Yuk, Bagikan Postingan Ini!