MENGENAL TEKNOLOGI ARTIFICIALL INTELLIGENCE (AI) DI ZAMAN MODERN

MENGENAL TEKNOLOGI ARTIFICIALL INTELLIGENCE (AI) DI ZAMAN MODERN

Hai, Sahabat Presiden yuk kenalan sama teknologi terbaru yang baru-baru ini berkembang didunia teknologi, kalian pasti tau, yup benar teknologi itu Bernama teknologi Artificiall Intelligence (AI). Nah,apasih itu Artificiall Intelligence atau biasa disingkat AI. Dilansir dari Stanford Computer Science, Artificiall Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas,melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan computer. Sehingga AI merupakan sebuah teknologi yang sistem computer,perangkat lunak ,program dan robot untuk “berpikir” secara cerdas layaknya manusia. Secara sederhana AI merupakan sistem computer yang dapat meniru cara berpikir manusia dalam menyelesaikan pekerjaan.

Istilah kecerdasan buatan diciptakan pada tahun 1956, tetapi AI telah menjadi kian populer saat ini berkat peningkatan volume data, algoritme canggih, dan peningkatan daya serta penyimpanan komputasi.Riset AI awal pada tahun 1950-an mengeksplorasi topik-topik seperti penyelesaian masalah dan metode simbolik. Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan AS menaruh minat terhadap jenis pekerjaan ini dan mulai melatih komputer-komputer untuk menirukan penalaran manusia yang mendasar. Misalnya, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) menyelesaikan proyek pemetaan jalan pada tahun 1970-an. Dan DARPA menghasilkan asisten pribadi cerdas pada tahun 2003, jauh sebelum Siri, Alexa atau Cortana diberi nama. AI sendiri memiliki  macamnya sendiri, berikut merupakan macam-macam AI :

ARTIFICIAL NARROW INTELLIGENCE (ANI)

Artificial Narrow Intelligence atau ANI merupakan jenis AI yang paling umum digunakan saat ini. Disebut “narrow” karena fungsinya terbatas. Sebab, ANI hanya dirancang untuk bisa mengerjakan satu tugas saja. Meski hanya bisa mengerjakan satu tugas, hasil pekerjaan ANI sudah bisa dipastikan sangat baik kualitasnya.

Penerapan ANI sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Bahkan AI jenis ini bisa diterapkan di seluruh sektor kehidupan. Mulai dari memberi rekomendasi produk hingga memperkirakan cuaca, semua bisa dilakukan ANI dengan mudah.

2. ARTIFICIAL GENERAL INTELLIGENCE (AGI)

Berikutnya ada Artificial General Intelligence atau AGI. Untuk saat ini, AGI masih berupa suatu konsep saja. AI jenis ini digambarkan sebagai suatu sistem yang bisa bekerja dengan level kognitif setara manusia. Sistem ini mencakup pemrosesan bahasa, pemrosesan gambar, hingga fungsi pengambilan keputusan.

Dengan teknologi dan inovasi yang ada saat ini, penciptaan AGI rasanya masih sangat jauh. Sebab, sistem AGI memerlukan setidaknya ribuan ANI yang bekerja beriringan dan saling terintegrasi. Meski begitu, bukan berarti belum ada progress penelitian yang mengarah ke sana.

3. ARTIFICIAL SUPER INTELLIGENCE (ASI)

Terakhir ada Artificial Super Intelligence atau ASI. Jika sistem AGI bekerja dengan kognitif yang setara manusia, ASI dapat melampaui itu. ASI dapat mengambil keputusan, berpikir rasional, hingga menciptakan temuan.

Sama seperti AGI, saat ini ASI pun masih berupa konsep kasar. Namun, saat nanti manusia pada akhirnya bisa menciptakan AGI, penciptaan ASI tidak lagi menjadi masalah besar. Sebab, pada saat AGI berhasil diciptakan, ilmuwan memprediksi bahwa teknologi akan berkembang amat pesat.

Contoh dari Hasil Teknologi AI

  1. Robotic Process Automation (RPA)
  2. Machine Vision
  3. Machine Learning
  4. Natural Language Processing (NLP)
  5. Robotics

Startup AI di Indonesia

  1. Kata.ai
  2. BJtech
  3. Nodeflux
  4. Snapcart
  5. Bahasa.ai
  6. Prosa.ai
  7. Dattabot
  8. AiSensum
  9. EVA
  10. Botika

Nah, itulah pengertian dan contoh teknologi AI Sahabat Presiden. Kita semakin tahu bahwa teknologi sekarang berkembang dengan sangat cepat. Sehingga kita perlu juga mengenali dan mengetahui tentang ilmu teknologi,salah satunya dengan  sekolah di SMK PRESIDEN. SMK PRESIDEN akan mengenalkanmu dengan teknologi dan mengajarkanmu mengenai software, desain grafis dan banyak hal yang bisa kamu pelajari di SMK PRESIDEN. Yuk degera daftarkan diri kamu di SMK PRESIDEN dengan mengunjungi www.smkpresiden.sch.id